Beranda

Minggu, 24 Februari 2008

APLIKASI BERIMAN KEPADA ROSUL-ROSUL ALLAH SWT

Pengajian Hari Kamis 21-2-2008 (Ba’da Maghrib)

Oleh Ustadz H. Elfa Hendri Mukhlis

Masjid Al Mukhlisin

APLIKASI BERIMAN KEPADA ROSUL-ROSUL ALLOH SWT

Dasarnya adalah :

Artinya: Katakanlah (hai orang-orang mu’min): “Kami beriman kepada Alloh dan apa yang diturunkan kepada kami,dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim,Ismail,Ishaq,Ya,qub,dan anak cucunya,dan apa yang di berikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-NYA”.(Al baqarah:136)

Artinya: Rosul telah beriman kepada Al qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orangyang beriman. Semuanya beriman kepasa Alloh,malaikat-malaikat NYA,kitab-kitabNYA, dan Rosul-rosulNYA.(mereka mengatakan): “kami tidak membedakan antara seorangpun (dengan yang lain) dari rosul-rosul NYA”, dan mereka mengatakan: “kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdo’a): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”.(Al baqarah:285)

Sikap kita terhadap Rosul dan Nabi harus mengetahui (sami’na), mentaati/mengikuti(wa ato,na).

Didalam hadist,para Nabi jumlahnya:124.000,dan Rosul ada 313 atau 315.

Didalm Al quran rosul ada yang diceritakan dan ada yang tidak di ceritakan, dasarnya adalah:

· Artinya: Dan (kami telah mengutus) rosul-rosul yang sungguh telah kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu,dan rosul-rosul yang tidak kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Dan Alloh telah berbicara kepada Musa dengan langsung.(Annisa:164)

Rosul/Nabi yang diceritakan dalam Al qur’an hanya 25,dasarnya adalah:

v “Dan itulah hujjah kami yang kami berikan kepada Ibrahim untuk engahadapi kaumnya. Kami tinggikan siapa yang kami kehendaki beberapa derajat. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui”.(Al an’am:83)

v “Dan kami telah menganugrahkan Ishaq dan Ya’qub kepadanya. Kepada keduanya masing-masing telah kami beri petunjuk; dan kepada Nuh sebelum itu (juga) kami beri petunjuk,dan kepada sebagian dari keturunannya (Nuh) yaitu Dawud,Sulaiman,Ayyub,Yusuf,Musa,dan Harun. Demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik”.(Al an’am:84)

v “Dan Zakaria,Yahya,’Isa, dan Ilyas.Semuanya termasuk orang-orang yang soleh”.(Al an’am:85)

v “Dan Isma’il, Alyasa, Yunus, Dan Luth.Masing-masingnya kami lebihkan derajatnya diatas umat (dimasanya)”.(Al an’am:86)

v Sesungguhnya Alloh telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim, dan keluarga Imran melebihi segala umat (dimasa mereka masing-masing).(Ali Imran:33).

v Dan (kami telah mengutus) kepada kaum Aad saudara mereka, Hud. Ia berkata: “Hai kaumku, sembahlah Alloh, sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain-NYA. Maka mengapa kamu tidak bertaqwa kepada NYA?(Al a’raf:65).

v Dan kepada Tsamud (kami utus) saudara mereka Shaleh. Shaleh berkata:” Hai kaumku, sembahlah Alloh,sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari bumi (tanah) dan menjadikan kamu pemakmurnya, karena itu mohonlah ampun NYA, kmudian bertobatlah kepada NYA. Sesungguhnya Tuhanku amat dekat (rahmat NYA) lagi maha memperkenankan (do’a hanba NYA).(Huud:61)

v Dan kepada (penduduk) Madyan (kami utus) saudara mereka,Syu’aib. Ia berkata:”Hai kaumku, sembahlah Alloh, sekali-kali tiada Tuhan bagimu selain Dia. Dan janganlah kamu kurangi takaran dan timbangan, sesungguhnya aku melihat Aku melihat kamu dalam keadaan yang baik(mampu) dan sesungguhnya Aku khawatir terhadapmu akan azab hari yang membinasakan(kiamat).(Huud:84)

v Dan (ingatlah kisah) Isma’il, Idris, dan Dzulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar.(Al anbiyya’:85)

v Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki diantara kamu, tetapi dia adalah Rosululloh dan penutup Nabi-nabi.Dan adalah Alloh Maha Mengetahui segala sesuatu.(Al ahzab:40).

Alloh mengutus rosul pada setiap umat(setiap umat punya rosul),dasarny adalah:

v Sesungguhnya kami mengutus kamu dengan membawa kebenaran, sebagia pembawa berita gembira dan sebagai peringatan. Dan tidak ada satu umatpun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan.(Faathir:24).

v Tiap-tiap umat mempunyai rosul; ;maka apabila telah datang rosul mereka, diberikanlah keputusan antara mereka dengan adil dan mereka sedikitpun tidak dianiaya.(Yunus:47)

v Orang-orang kafir berkata:’Mengapa tidak diturunkan kepadanya(muhammad) suatu tanda (kebesaran) dari Tuhannya?” Sesungguhnya kamu hanyalah seorang pemberi peringatan; dan tiap-tiap kaum ada orang yang memberi petunjuk.(Ar ra’du:7).

Ket: fungsi rosul untuk umatnya adalah:

1. Pemberi kabar gembira(Basyiraa)

2. Pemberi peringatan(Wa nadiraa).

Semua Rosul itu manusia biasa,dasarnya:

v Alloh memilih utusan-utusan NYA dari malaikat dan dari manusia;sesungguhnya Alloh Maha mendengar lagi Maha Melihat.(Al hajj:75)

Semua Nabi dan Rosul itu laki-laki,dasarnya:

v Kami tiada mengutus rosul-rosul sebelum kamu (Muhammad), melaimkan beberapa orang laki-laki yang kami beri wahyu kepada mereka, maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui.(Al anbiyya’:7)

Seorang Wanita tidak boleh jadi pemimpin (haram).dasarnya:

v Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita,oleh karena Alloh telah melebihkan sebagian mereka(laki-laki) atas sebagian yang lain(wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Alloh lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Alloh telah memelihara mereka ,Wanita-wanita ynag kamu khawatirkan (nusyuznya), maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka menta’atimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan unutk menyusahkannya. Sesungguhnya Alloh Maha Tinggi lagi Maha Besar.(Annisa’:34)

Semua Rosul itu menikah,dasarnya:

v Dan sesungguhnya kami telah mengutus Rosul sebelum kamu dan kami memberikan kepada mereka isteri-isteri dan keturunan. Dan tidak ada haq bagi seorang rosul mendatangkan sesuatu ayat (mu’jizat) melainkan dengan izin Alloh. Bagi tiap-tiap masa ada kitab (yang tertentu).(Arra’du:38).

Tidak ada komentar: